Senin, 25 Juni 2012

Arsitek Swedia Ciptakan Rumah Keong




Dari berbagai desain unik yang diciptakan, rumah yang satu ini memang benar-benar beda dari yang biasanya. Bentuknya yang kecil membuatnya mudah dipindahkan, mirip sekali dengan rumah keong.

Dibangun oleh seorang arsitek asal Swedia Torsten Ottesjo, rumah yang diberi nama Hus 1 ini didirikan menggunakan material yang diklaim sangat ramah lingkungan karena hanya menggunakan kayu. Dengan kata lain, rumah mungil ini sangat murah.

Yang paling menarik adalah bentuknya yang berbeda dengan bentuk pada umumnya. Torsten memilih membentuk rumah tersebut menyerupai rumah keong. Karena tidak membutuhkan pondasi, rumah mungil itu pun dapat dipindahkan dengan mudah oleh pemiliknya.

Walau kecil, rumah ini memiliki fasilitas standar yang lengkap, mulai dari dapur, kasur hingga meja makan. Hanya toilet saja yang harus dibuat terpisah.

Semua dinding dan atap memiliki laposan permukaan yang ramah lingkungan namun diperkuat oleh bahan papan berbasis selulosa yang tahan terhadap air dan angin. Dan seperti rumah minimalis pada umumnya, sebagian besar furniture yang ada telah terintegrasi dengan ruang, memberikan ruang yang cukup besar.

Torsten yang juga tukang kayu, mengklaim selain mudah dipindahkan, rumah ini juga mudah dibersihkan. Lagi pula rumah ini juga sangat cocok bagi pengguna yang memiliki lahan terbatas.



Hus 1 diklaim sangat ramah lingkungan dan murah. Selain itu rumah ini juga mudah dipindahkan.

"Rumah kecil memakan energi yang lebih sedikit dan sangat ramah terhadap lingkungan. Mereka hanya membutuhkan sedikit material, dengan begitu biaya yang dikeluarkan juga murah," katanya seperti yang dikutip Daily Mail, Kamis (21/06/2012). "Rumah kecil juga lebih mudah untuk ditangani dan dipindahkan. Saya ingin memiliki kesempatan membangun seluruh rumah di sebuah hall agar mudah diangkat dan dipindahkan lewat jalur darat, secara utuh."

  
Bagian interior Hus 1 memakai konsep minimalis dengan spasi yang cukup luas.

Nah jika Anda sudah bosan dengan pemandangan rumah yang itu-itu saja, Anda tentu bisa memindahkannya ke sisi lain untuk mendapatkan pemandangan baru yang lebih segar. Asyik bukan?

SOURCE: http://www.memobee.com/index.php?do=c.news&idn=6711

Tidak ada komentar:

Posting Komentar